cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
Joy Elly Tulung
Phone
-
Journal Mail Official
joy.tulung@unsrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
ISSN : 23563966     EISSN : 26212331     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 55 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3" : 55 Documents clear
Effect of Loss Aversion on Company Performance in Indonesia Grace Turangan; Sung Suk Kim
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.39800

Abstract

The loss aversion bias tends to be done by investors to avoid losses that will psychologically be felt greater than the gain they receive. The exploration on this research in Indonesia, is to see how the impact of investor loss aversion to company economic performance. Using quarterly observation data of 7,535 on 190 companies that are still active, exclude the financial sector and registered as members of KOMPAS-100 during the period 2009-2019. In this research, a regression model with panel data, developed to test the hypothesis which formed on this research, by using two dependent variables ROA and Tobin's Q to see if both variable are supporting the previous research. The results of empirical research prove that both models formed proved that loss aversion impacted negative affect on both selected dependent variables, whether it is with additional control variable or not.
IDENTIFIKASI FAKTOR KUNCI SUKSES INDUSTRI GEOSPASIAL DI INDONESIA Yustikarani Julianti Pambudi
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.40100

Abstract

Industri geospasial menjadi industri yang terus berkembang dan memiliki peluang besar bagi para pelaku bisnis. Kondisi ini membuat intensitas persaingan di industri meningkat, sehingga perusahaan memerlukan adanya keunggulan bersaing sebagai upaya untuk bertahan di industri. Tahap utama untuk memiliki keunggulan bersaing adalah harus mengetahui faktor kunci sukses di industri tersebut. Terbatasnya informasi terkait industri ini membuat perusahaan masih sulit untuk mengetahui faktor kunci sukses industri geospasial. Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan agar dapat bersaing di industri dengan mengidentifikasi faktor kunci sukses industri geospasial di Indonesia. Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan pengumpulan data melalui wawancara analisis dokumen serta analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa setidaknya terdapat lima faktor kunci sukses industri geospasial yaitu kemampuan analisis, ketersediaan sumber daya manusia, ketersediaan perangkat kerja, portofolio pengerjaan proyek dan kemampuan finansial perusahaan. Kelima faktor kunci sukses ini sudah seharusnya dimiliki dan ditambah dengan pengembangan masing-masing perusahaan sehingga dapat menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan di industri geospasial.
Determinan Kepuasan Penggunaan Pembayaran Menggunakan OVO Pada Pengguna Transportasi Online Eko Retno Indriyarti; Sri Wijihastuti
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In Indonesia, a wide range of cashless payment systems have been combined with a variety of applications, including online commerce, financial technology, and online transportation. Online transportation service providers, on the other hand, continue to accept cash payments for online transportation. In the middle of online transportation service providers' efforts to develop customer happiness initiatives, they must also be prepared to anticipate customer decisions to switch from cash to cashless payment methods. This is something that online transportation service providers should think about. Based on these findings, the purpose of this study is to determine the elements that influence customer satisfaction when applying the OVO payment method for online transportation. This quantitative notion is used in research that involves 146 samples to be analyzed with SMART PLS 3.0. The findings of this study show that the switching load has a substantial impact on youthful users of online transportation in Jakarta's desire to switch payment methods to OVO. Furthermore, this study demonstrates that the switching burden has no substantial impact on young users' happiness with OVO payment methods for online transportation in Jakarta. The study's third finding reveals that online transportation users in Jakarta's desire to switch to an OVO payment method has a substantial impact on their satisfaction with the service. According to the findings, there is a considerable effect of the desire to switch on user satisfaction, which can be used as a signal for service providers to consider attraction elements for switching, such as cheaper promotional programs than competitors.
Faktor yang Memengaruhi Repurchase Intention pada Layanan GrabFood Giovanna Putri Andrian; Margaretha Pink Berlianto
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh positif effort expectancy, perceived usefulness, information quality, perceived risk, social influence, trust terhadap repurchase intention layanan GrabFood di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Sampel dari penelitian ini adalah individu yang pernah menggunakan layanan GrabFood. Hasil penelitian menemukan bahwa effort expectancy, perceived usefulness dan trust berpengaruh positif terhadap repurchase intention layanan GrabFood. Sedangkan information quality, perceived risk dan social influence tidak berpengaruh terhadap repurchase intention layanan GrabFood. Kata kunci: Effort Expectancy, Perceived Usefulness, Information Quality, Perceived Risk, Social Influence, Trust, Repurchase Intention
Pengaruh Sistem Pengelolaan Organisasi dan Kualitas Pelayanan Internal terhadap Kepuasan Tenaga Kesehatan (Studi pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas) ANASTASIA JESSICA CHRISTI; Albert Surya Wanasida
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.42421

Abstract

This study was conducted to determine the effect of the organizational management system and the quality of internal services on the satisfaction of health workers. The research model was tested empirically on the population of health workers working at the Bali Health Center. Data was collected by convenience sampling with a total of 203 respondents. This study uses the PLS-SEM method to process and analyze the data. The results of this study indicate that the organizational management system has a significant positive effect on the quality of internal services and the quality of internal services has a positive influence on the satisfaction of health workers. The structural model of this study can adequately predict the satisfaction variable of health workers. The results of this study have real implications for Puskesmas in Bali.
MODEL PEMBELAJARAN DESIGN THINKING UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA: STUDI KASUS DESA PENIWEN Adrie Oktavio; Agoes Tinus Lis Indrianto; Liestya Padmawidjaja
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i2.42562

Abstract

Abstract: This research aims to develop a learning curriculum of design thinking for tourism village development in Peniwen Village, Malang Regency, East Java Province, Indonesia. The research design used qualitative descriptive methods, while the data gathered from observation, interview, and focus group discussion. The respondents in the interview process are the key stakeholders who were involved in the tourism development of Peniwen Village. Meanwhile, the observation process was conducted by participatory research with the students staying in a local homestay and interacting with the local community. After collecting the data, there are five stages of design thinking methods that are implemented by students for developing community based tourism in Peniwen Village, those are: empathize, define, ideate, prototype, and test. The final outcome of this research shows that the students who implement design thinking learning methods are able to design innovative tourism activities and products in developing community based tourism of Peniwen Village.Keywords: Design Thinking, Project Based Learning, Tourism Village Development, Community Based TourismAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran berbasis design thinking untuk pengembangan desa wisata di Desa Peniwen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan focus group discussion. Responden dalam proses wawancara adalah pemangku kepentingan utama yang terlibat dalam pengembangan pariwisata Desa Peniwen. Sedangkan proses observasi dilakukan dengan penelitian partisipatif dimana mahasiswa yang tinggal di homestay setempat dan berinteraksi dengan masyarakat setempat. Setelah mengumpulkan data, ada lima tahapan metode design thinking yang diterapkan mahasiswa untuk mengembangkan community based tourism di Desa Peniwen, yaitu: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang menerapkan metode pembelajaran design thinking mampu merancang inovasi kegiatan dan produk wisata dalam mengembangkan wisata berbasis masyarakat Desa Peniwen.Kata kunci: Design Thinking, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pengembangan Desa Wisata, Community Based Tourism
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Universitas Negeri Semarang) Nurchayati Nurchayati; Sri Nawatmi
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.43130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, kualitas sumber daya manusia dan pengadaan barang/jasa terhadap penyerapan anggaran. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, kualitas sumber daya manusia dan pengadaan barang/jasa terhadap penyerapan anggaran dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi.Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data primer. Sampel dari penelitian ini adalah 115 pegawai di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak sederhana. Metode statistik yang digunakan adalah dengan alat analisis SmartPLS v.3.3.3 dan menggunakan pendekatan bootstrapping dalam pengujian statistik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, kualitas sumber daya manusia dan pengadaan barang/jasa berpengaruh positif terhadap penyerapan anggaran. Selanjutnya, variabel komitmen organisasi tidak memperkuat pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, kualitas sumber daya manusia dan pengadaan barang/jasa terhadap penyerapan anggaran.
PENGARUH ENTREPRENEURIAL ATTITUDE, JOB SATISFACTION TERHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT DENGAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN PERHOTELAN BINTANG 5 DI JAKARTA SELATAN Muhamad Khaerul Anwar; Lucy Warsindah
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.43145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial attitude, job satisfaction terhadap organizational commitment dengan work engagement sebagai variabel mediasi pada karyawan perhotelan bintang 5 di Jakarta Selatan. Objek penelitian ini adalah karyawan hotel bintang 5 di Jakarta Selatan.Pendeketan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Model (SEM), pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga mendapatkan responden sejumlah 225 responden. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SMART PLS 3.3.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara langsung terdapat pengaruh antara entrepreneurial attitude, job satisfaction dan work engagement terhadap organizational commitment. Selain itu, hasil penelitian pada pengaruh tidak langsung Terdapat hasil bahwa adanya pengaruh antara job satisfaction, entrepreneurial attitude terhadap organizational commitment yang dimediasi oleh work engagement pada karyawan perhotelan bintang 5 di Jakarta Selatan.Implikasi yang dapat diharapkan adalah organisasi perlu memberikan kesempatan berkembang dan memberikan ruang terbuka bagi karyawan untuk dapat mengembangkan kemampuan dan menyalurkan kreatifitas dan inovasinya terhadap organisasi, selain itu, memberikan kesempatan pada karyawan untuk berkontribusi aktif terhadap organisasi akan meningkatkan keterikatan antara karyawan terhadap organisasi dengan begitu komitmen karyawan terhadap organisasi dapat meningkat.Kata Kunci : Entrepreneurial Attitude, Job Satisfaction, Work Engagement dan Organizational Commitment
RISIKO KREDIT DAN LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Eki Veronika; Henny Setyo Lestari
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.43181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko kredit dan likuiditas terhadap kinerja keuangan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel dependen menggunakan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). variabel independen yaitu pemberian kredit (LDR), dana pihak ketiga (DAR), penggunaan modal (EAR) dan kredit bermasalah (NPL) serta variabel kontrol yaitu ukuran bank (BZS), inflasi (INF) dan produk domestik bruto (GDP). Data penelitian ini merupakan data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan perbankan yang tercatat di BEI periode 2017 – 2021. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 40 bank sebagai sampel. Analisis data untuk uji hipotesis yaitu analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen LDR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, DAR berpengaruh secara positif signifikan terhadap ROA namun tidak berpengaruh terhadap ROE dan EPS, EAR berpengaruh secara positif signifikan terhadap ROA dan EPS namun tidak berpengaruh terhadap ROE, NPL berpengaruh secara negatif signifikan terhadap ROA dan ROE sedangkan terhadap EPS tidak berpengaruh. Variabel kontrol BZS dan INF masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, produk domestik bruto tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank. Hasil tersebut memberikan informasi bahwa dengan adanya peningkatan dana pihak ketiga, penggunaan modal, ukuran bank dan inflasi maka akan meningkatkan kinerja keuangan bank sedangkan kenaikan kredit bermasalah akan menurunkan kinerja keuangan bank. Kenaikan pemberian kredit tidak berpengaruh secara signikan meningkatkan maupun menurunkan kinerja keuangan bank. Manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor internal maupun eksternal melalui manajemen risiko likuiditas agar perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan eksistensinya di masa mendatang.
PENGARUH SUPERVISOR SUPPORT DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI WORK ENGAGEMENT PADA PEGAWAI PERUSAHAAN MEDIA LOKAL DI INDONESIA TIMUR Angel Maudul; B. Medina Nilasari
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 9 No 3 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v9i3.43250

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisor support dan work life balance terhadap turnover intention dimediasi oleh work engagement. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah dua ratus pegawai pada perusahaan media lokal di Indonesia Timur yang sudah terdaftar di dewan pers, yaitu indotimur.com, terasmaluku.com, komunikasulut.com, fajar.co.id, dan seputarpapua.com sebagai obyek penelitian. Analisis model persamaan struktural dengan dan hipotesis diuji dengan menggunakan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh negatif supervisor support dan work life balance terhadap turnover intention dimediasi oleh work engagement. Implikasi dalam penelitian ini menujukkan bahwa untuk menciptakan kemampuan pegawai untuk mengatur waktu dengan baik atau dapat menyelaraskan antara pekerjaan di tempat kerja, kehidupan dalam keluarga, dan kepentingan pribadi. Pegawai dapat menjaga keseimbangan antara peran dan tanggungjawab di dalam kehidupan keluarga dengan kemampuan karyawan bekerja di perusahaan.  Kata Kunci: Supervisor Support, Work Life Balance, Work Engagement, Turnover Intention, Perusahaan Media Lokal, Indonesia Timur.   

Filter by Year

2022 2022